Mahasiswa UT diharapkan dapat belajar secara mandiri. Cara belajar
mandiri menghendaki mahasiswa untuk belajar atas prakarsa atau inisiatif
sendiri. Belajar mandiri dapat dilakukan secara sendiri ataupun
berkelompok, baik dalam kelompok belajar maupun dalam kelompok tutorial.
UT menyediakan bahan ajar yang dibuat khusus untuk dapat di pelajari
secara mandiri. Selain menggunakan bahan ajar yang disediakan oleh UT,
mahasiswa juga dapat berinisiatif memanfaatkan perpustakaan, mengikuti
tutorial baik secara tatap muka maupun melalui Internet (tutorial
online/tuton), radio, dan televisi, serta menggunakan sumber belajar
lain seperti bahan ajar berbantuan komputer dan program audio/video.
Apabila mengalami kesulitan belajar, mahasiswa dapat meminta informasi
atau bantuan tutorial kepada Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas
Terbuka (UPBJJ-UT) setempat.
Belajar mandiri dalam banyak hal ditentukan oleh kemampuan belajar
secara efisien. Kemampuan belajar bergantung pada kecepatan membaca dan
kemampuan memahami isi bacaan. Untuk dapat belajar mandiri secara
efisien, mahasiswa UT dituntut memiliki disiplin diri, inisiatif, dan
motivasi belajar yang kuat. Mahasiswa juga dituntut untuk dapat mengatur
waktunya dengan efisien, sehingga dapat belajar secara teratur
berdasarkan jadwal belajar yang ditentukan sendiri. Oleh karena itu,
agar dapat berhasil belajar di UT, calon mahasiswa harus siap untuk
belajar secara mandiri.
Bagaimana caranya agar mahasiswa bisa
berhasil dalam program pendidikan jarak jauh?. Berikut ini adalah
beberapa tips yang bisa dilaksanakan oleh mahasiswa yang mengikuti
pendidikan jarak jauh terutama mahasiswa Universitas Terbuka.
A. Pengertian
UT menerapkan sistem belajar jarak jauh dan terbuka.
Istilah jarak jauh berarti pembelajaran tidak dilakukan secara tatap
muka, melainkan menggunakan media, baik media cetak (modul) maupun
non-cetak (audio/video, computer/internet, siaran radio dan televisi).
Makna terbuka adalah tidak ada pembatasan usia, tahun ijazah, masa
belajar, waktu registrasi, dan frekuensi mengikuti ujian. Batasan yang
ada hanyalah bahwa setiap mahasiswa UT harus sudah menamatkan jenjang
pendidikan menengah atas (SMA atau yang sederajat). Dengan demikian,
Pendidikan jarak jauh didasarkan pada dasar pemikiran bahwa murid adalah
pusat proses pembelajaran, bertanggung jawab terhadap pembelajaran
mereka sendiri, dan berusaha sendiri di tempat mereka sendiri
(http://www.studygs.net/indon/disted.htm)
B. Kondisi-kondisi yang biasa terdapat pada program pendidikan jarak jauh (Steve Wheeleer, 1999)
1. Informasi yang harus diketahui oleh mahasiswa, diantaranya adalah
- Alamat website kelas
- Nama dosen/tutor, lokasi dan jam tutorial, nomor telepon, fax, alamat e-mail pengelola/dosen/tutor,.
- Lokasi dan jam kerja pusat informasi (unit program belajar jarak jauh/UPBJJ), nomor telepon, pimpinan pusat informasi (UPBJJ) dengan alamat e-mail, nama ketua program studi.
- Jadwal (batas akhir) registrasi, tutorial, ujian akhir semester
- Persyaratan lainnya yang bersifat administratif.
2. Logistik atau perlengkapan yang diperlukan dan akan didapatkan
a. Bahan belajar
- Kapan dan dimana bahan ajar (buku materi pokok) bisa didapatkan
- Apa saja perlengkapan belajar yang akan diterima (bahan ajar cetak, non cetak ataupun kitpraktik, catalog, suplemen dan lain-lain)
- Formulir apa saja yang harus diterima dan dilengkapi (tanda bukti setoran, formulir registrasi dan lain-lain)
b. Materi Pembelajaran (perkuliahan)
- Materi pembelajaran yang Anda harapkan.
- Silabus perkuliahan dan tugas-tugas yang harus Anda kerjakan selama mengikuti mata kuliah tersebut
- Bagaimana Anda akan menerima materi tersebut
- Bagaimana mempelajari materi tersebut
- Darimana saja Anda bisa mendapatkan sumber belajar lainnya selain buku materi pokok
- Bagaimana penilaian dalam mata kuliah tersebut, apakah hanya dari uji konsep, atau praktik atau gabungan dari keduanya
- Bagaimana menjadwalkan diri Anda untuk mempelajari materi mata kuliah.
3. Umpan balik pada tutor
- Dalam pertemuan tatap muka, seorang tutor bergantung pada umpan balik dari mahasiswanya, baik dengan pertanyaan maupun ekspresi wajah/fisik. Dalam program jarak jauh, hal ini merupakan hal yang sangat sulit, dan Anda bertanggung jawab untuk memberitahu tutor tentang bagaimana Anda menerima pelajaran baik melalui tutorial tatap muka, pembicaraan telepon ataupun e-mail.
- Menunjukkan kemajuan dan ketaatan,Laporan perkembangan/kemajuan pembelajaran dapat Anda terima melalui umpan balik yang diberikan oleh tutor. Mintalah jadwal evaluasi, kondisi dan metode untuk kemajuan Anda melalui materi-materi yang ada. Metode-metode tersebut meliputi beberapa hal, diantaranya melalui tes-tes yang meliputi penguasaan pengetahuan atau hasil dari tugas-tugas yang diberikan,laporan-laporan,proyek-proyek, kasus studi, rangkuman pendidikan, dan masukan secara kualitatif dan kuantitatif dalam diskusi pelajaran dan proyek-proyek
C.Sistem Belajar (http://www.studygs.net/indon/murder.htm)
Salah
Satu Sistem Belajar yang dapat diterapkan mahasiswa pada sistem belajar
jarak jauh adalah dengan sistem "Murder". Sistem ini apabila diterapkan
dengan sungguh-sungguh akan menjadikan belajar Anda efektif dan efisien.
Penjelasan dari system MURDER ini adalah sebagai berikut.
MURDER
(English) = Mood – Understand – Recall – Digest – Expand – Review yang
apabila dijabarkan lebih lanjut seperti berikut. (Perincian sistem
belajar "MURDER" ini, yang diadaptasi dari buku The Complete Problem
Solver oleh Bob Nelson)
1. Mood - Suasana Hati
Ciptakan selalu mood yang
positif untuk belajar karena seperti pepatah mengatakan “tak kenal maka
tak sayang, maka sebaiknya mahasiswa mencoba mengenali lebih dulu
materi, dosen/tutor atau buku materi pokok. Setelah kita mengenal
hal-hal tersebut maka akan timbul rasa suka terhadap mata kuliah ini.
Selain itu, Anda juga harus selalu berusaha untuk membuat atau
menciptakan perasaan senang dan bahagia setiap kali akan mempelajari
materi. Caranya dapat dilakukan dengan menentukan waktu, lingkungan dan
sikap belajar yang sesuai dengan pribadi masing-masing.
2. Understand - Pemahaman
Bacalah buku materi pokok secara keseluruhan. Beri tanda kalimat/kata yang tidak dimengerti. Kemudian jika ada kesempatan cobalah untuk mencari tahu dengan bertanya atau mencari sumber-sumber lain untuk menemukan jawaban/ informasi terhadp kalimat/kata/hal yang tidak dimengerti tersebut. Tidak perlu malu untuk bertanya pada teman sejawat, tutor ataupun pihak lain yang Anda anggap lebih mengetahui hal tersebut.
Bacalah buku materi pokok secara keseluruhan. Beri tanda kalimat/kata yang tidak dimengerti. Kemudian jika ada kesempatan cobalah untuk mencari tahu dengan bertanya atau mencari sumber-sumber lain untuk menemukan jawaban/ informasi terhadp kalimat/kata/hal yang tidak dimengerti tersebut. Tidak perlu malu untuk bertanya pada teman sejawat, tutor ataupun pihak lain yang Anda anggap lebih mengetahui hal tersebut.
3. Recall - Ulang:
Ulangi
materi yang telah dipelajari secara periodik dan berkesinambungan.
Misalnya setiap seminggu sekali . Caranya adalah dengan membuat
rangkuman (bukan ringkasan) dengan menggunakan kata-kata sendiri tentang
materi yang sudah dipelajari. Lakukan pengulangan seperti Anda membuat
spiral sehingga pengulangan yang Anda lakukan tetap akan menyentuh
materi pertama yang Anda pelajari.
4. Digest - Telaah
Baca
kembali;I hasil rangkuman yang telah Anda buat, jika masih ada yang
kurang jelas cobalah untuk mencari penjelasan lebih lanjut pada sumber
belajar yang terkait atau diskusikan dengan teman sejawat, atau
tutor/dosen Anda
5. Expand - Kembangkan
Kembangkan
materi yang telah Anda pelajari dan telah Anda rangkum tadi dengan cara
mencoba menerapkan pada kehidupan Anda sehari-hari. Seandainya Anda
seorang guru, cobalah menerapkan materi yang Anda pelajari tersebut pada
kegiatan pembelajaran di kelas Anda. Catat apa saja kekurangan dan
kelebihan dari materi tersebut saat diterapkan di lapangan. Buat catatan
yang lengkap dan gunakan catatan tersebut untuk didiskusikan dengan
teman sejawat atau tutor/dosen Anda. Selain dengan cara tersebut dapat
pula dilakukan dengan mencoba membuat soal berdasarkan materi
tersebut yang telah dipelajari dan yang akan Anda jawab sendiri. Apakah
Anda bisa menjawab semua soal tersebut dengan baik?.
6. Review - Pelajari Kembali
6. Review - Pelajari Kembali
Pelajari
kembali setiap materi yang telah dipelajari dan jangan pernah bosan
untuk mengulang-ulang materi yang sudah Anda baca karena hal tersebut
akan membuat Anda semakin mudah mengingat dan memahaminya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar